19 Fadhilah, Kelebihan, Keutamaan membaca Surat Al Mulk

loading...
Fadhilah, kelebihan & keutamaan membaca surat Al Mulk, Surah Al Mulk termasuk golongan surat-surat makkiyah. Apapun surat yang dibaca, semua memiliki khasiat yang luar biasa yang akan menjadi pelindung dihari akhir nanti, dan selalu ada keistimewaan, kelebihan, fadhilah masing-masing termasuk Q S 67 Al Mulk yang terdiri dari 30 ayat ini. Apabila surah Al Mulk dibaca secara istiqomah, niscaya di alam kubur kita dibebaskan dari siksa kubur, dan tidak akan diribetkan dengan pengadilan kubur.

19 Fadhilah, Kelebihan, Keutamaan membaca Surat Al Mulk

Khasiat atau manfaat membaca surat Al mulk sangat besar. Keistimewaan tersebut telah diketahui oleh Rasullulah Saw, dan beliau bersabda bahwa ayat ini dapat menjaga serta memelihara bagi orang yang selalu membacanya dari Azabb Kubur. Lantas apa saja fadhilah, kelebihan,keutamaan dan khasiatnya. Berikut ini ulasanya.
Fadhilah Surat Al Mulk

1. Rasulullah Saw bersabda : Satu surah dalam Al Quran terdiri dari 30 ayat ini, pada hari kiamat akan memberikan syafa’at atas izin Allah Ta’ala, dan barangsiapa orang selalu membacanya dengan merenungkan artinya tersebut, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

2. Rasulullah bersabda : Satu surah dalam Al Quran yang hanya terdiri 30 ayat itu akan membela orang yang selalu membacanya di hadapan Allah Ta’ala, sehingga dia akan dimasukan kedalam surga.

3. Surat AlMulk merupakan surat yang selalu dibaca oleh beliau Rasulullah Saw sebelum tidur dimalam hari, sebab agungnya kandungan serta maknanya (HR at-Tirmidzi no 2892).

4. Sebagaian para ulama ahli tafsir menamakan bahwa merupakan surat penjaga, pelindung dan penyelamat dari azabb kubur. (Tafsir al-Qurtubi 18/205).

Kelebihan Surat Al Mulk

5. Rasulullah Saw bersabda : Aku sungguh gembira, sekiranya orang mukmin sentiasa selalu membaca surah Al-Mulk sehingga seolah surat itu tertulis di dalam hatinya.

6. Rasulullah Saw bersabda : Surah Al-Mulk itu menghindarkan serta memlihara pembacanya dari azab kubur.

7. Rasulullah Saw bersabda : Bagi siapa yang kekal membaca pada mana-mana malam, niscaya datang kedalam kuburnya surat itu sebagian pengganti untuk bersoal jawab dengan Munkar Nakir.

8. Rasulullah Saw bersabda : Barang siapa membaca surah ini sebelum tidur setiap malam dia akan diselamatkannya dari azabb kubur.

9. Rasulullah Saw bersabda : Sebagian surah yang terdapat didalam Al-Quran anda satu surat mengandung 30 ayat. Ia memberi syafaat kepada orang yang membacanya serta mengeluarkannya dari Neraka dan hingga memasukkannya ke dalam Surga.

10. Rasulullah Saw bersabda : Sesungguhnya dalam Al-Quran ada satu surat terkandung 30 ayat.. Ia akan datang kepada pembacanya hingga membantu menjawab didalam kubur serta mereka selamat, masuk ke dalam Surga.

11. Ulama berkata : Sesungguhnya surat Al-Mulk dapat melepaskan pengamal-pengamalnya dari azaab kubur. Ia akan menjawab pada hari kiamat di hadapan Allah dan menuntut melepaskan mereka yang mengamalkannya dari azaab api Neraka.

12. Ulama berkata : Sesungguhnya Rasulullah Saw tidak akan tidur sebelum membaca surah As Sajadah dan surah Al Mulk.

13. Ulama berkata : Sesungguhnya surat Yasin serta surah ini terkandung di dalamnya terdapat rahasia serta kelebihan. Bagi siapa mengamalkannya niscaya ia mendapat rahasia dan kelebihan itu dan dikasihi semua manusia serta juga menjadi hebat pada pandangan makhluk.

14. Saiyidina Ali berkata : Bagi siapa telah mengamalkannya, niscaya dibawa ia pada hari kiamat diatas sayap malaikat dan wajahnya yang cantik seperti nabi Yusuf. Begitulah keadaannya bila azaab itu pergi ke pihak kaki serta perutnya. Karena semuanya mengandungi surah Al Mulk.

15. Membaca surat As-Sajdah serta surat Al-Mulk diwaktu Malam itu sama dengan memperoleh malam Qodar (Hadist).

16. Barang siapa setiap malam membaca surat Al-Mulk sebelum, maka kelak ia dapat menang untuk menjawab pertanyaan di alam kubur dan sebelumnya mati akan jauh dari fitnaah. (Hadist).

17. Saiyidina Abdullah bin Abbas berkata : Bargi siapa membaca surat ini menjadi amalan wiridnya, niscaya ia mendapat bantuan dan pertolongan dari Allah SAW di dalam kuburnya. Bila azab hendak datang ke pihak kepala, terdengar satu seruan : Tidak boleh engkau datang ke pihak kepala ini karena ada surah Al Mulk.

Keutamaan Surat Al Mulk

18. Abdullah bin Mas’ud berkata : Barang siapa membaca Tabarokalladzi bi Yadihil mulk pada setiap malam, niscaya Allah akan menghalangi dari siksa kubur.

19. Rasulullah Saw bersabda : Terdapat satu surat dari Al Quran yang terdiri 30 ayat, akan memberikan syafa’at bagi orang yang membacanya, hingga dia diampuni (HR. Tirmidzi).
Subhanallah Itulah pembahasan kami tentang Fadhilah, Kelebihan, dan Keutamaan membaca surat Al Mulk. Untuk keutamaan seperti yang telah dijelaskan oleh Yusuf Mansur, Marilah kita selalu mengamalkan membaca surat ini secara istiqomah agar menjadi penyelamat siksa kubur. Amin.

loading...

loading...